daftar

Sekilas Tentang desa Karangjunti

Posted by Aji Bintara on Kamis, 25 Desember 2014

Karangjunti adalah salah satu desa di kecamatan Losari, Brebes, Jawa Tengah, Indonesia yang mayoritas penduduknya adalah sebagai petani, sebagian lagi sebagai pedagang, Pegawai Negri dan lain lain. Pertanian di desa Karangjunti sebenarnya belum sepenuhnya bisa mensejahterakan masyarakatnya. Kebanyakan petani di sini masih bercocok tanam padi sebagai andalan utamanya kemudian diselingi Kacang kedelai dan Kacang Hijau. Hanya sebagian kecil saja yang menanam Bawang, Cabe Merah dan Holtikultura lainnya. Selain itu juga penerapan cara olah tani di desa Karngjunti masih menggunakan cara konvensional yang diwariskan turun temurun oleh pendahulunya.

Untuk mencukupi kebutuhan hidup nya sebagian warga karangjunti juga merantau keluar daerah  seperti jakarta,Bandung,Tasik, Karawang, banten, Surabaya dll. Atau ke luar jawa seperti Batam,  Medan, Palembang, Sorong Papua dan lain lain. Bahkan sebagian yang lainnya merantau sampai ke Luar negeri seperi ke Arab Saudi, UAE, Bahrain, Korea, Malaysia, Singapure, Hongkong dan Taiwan dll.

Desa karangjunti berbatasan langsung dengan empat desa tetangganya yaitu
Sebelah Utara: Desa Dukuhsalam
Sebelah Timur: Desa Rungkang & Negla
Sebelah Selatan: Desa Negla
Sebelah Barat: Desa Bojongsari

Keadaan Penduduk desa karangjunti per Juli 2011
Laki – laki: 2.961 Jiwa
Perempuan :: 3.079 Jiwa
Jumlah: 6.030 Jiwa
Luas Wilayah: 287.001 Ha
Jumlah RW: 5
Jumlah RT: 26


Desa karangjunti sendiri merupakan sebuah desa yang  dilewati jalan alternatif ciledug - ketanggungan, dengan rincian sekitar  ± 15 km dari Ketanggungan, kemudian sekitar  ± 8 km kota kec. Kersana, dan  sekitar  ± 6 km dari arah ciledug, Justru jika di buat garis lurus ke kota Kecamatan Losari akan lebih jauh yaitu sekitar  ± 20 km.
Jalur alternatif yang melewati Karangjunti tepatnya melintasi pedukuhan Blanko Karangjunti, merupakan jalur alternatif yang vital bagi warga Karangjunti dan sekitarnya karena menghubungkan ke kota-kota sekitarnya seperti Ciledug, Kersana dan Ketanggungan. Bahkan merupakan jalur yang cukup ramai dilalui kendaraan umum. Di jalur ini juga sudah terdapat trayek angkutan pedesaan  Ciledug- Ketanggungan. Di jalur ini akan terasa sangat ramai apabila musim mudik ( Lebaran I'edul Fitri ) tiba, karena biasanya kelebihan arus di jalur pantura akan di belokan sebagian ke jalur ini via Losari Jabar ke Ciledug - Ketanggunagan.

Wilayah desa Karangjunti juga dilalui lintasan kereta api Jalur tengah Cirebon - Purwokerto. Cuma sayangnya tidak terdapat stasiun Kereta Api di wilayah desa karangjunti.

SARANA PENDIDIKAN DI KARANGJUNTI

A. PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini)

PAUD yang berada di Karangjunti yaitu PAUD Al Jauhariyyah yang di pimpin oleh Agus Imamul H

B. RA (
Raudlatul Athfal)
RA yang berada di Karangjunti yaitu RA Asy Syafaah yang di pimpin oleh Royani, S.Ag

C. PENDIDIKAN DASAR (SD / MI)

  1. SDN Karangjunti I terletak di Sebelah Utara Kantor Desa Karangjunti yang dipimpin oleh Bpk. Tohar, S.Pd.SD 
  2. SDN Karangjunti II dipimpin oleh Bapak Drs. Munif Azhari
  3. SDN Karangjunti III Terletak di Dusun Dukuh Desa Karangjunti yang dipimpin oleh Ibu Diyah, S.Pd.
  4. - MI Miftahul Huda Karangjunti, dibawah naungan Yayasan Pendidikan Islam Annur Karangjunti yang terletak di tengah-tengah desa Karangjunti yang bersebelahan Masjid Jami’ Al Hikmah Karangjunti. Madrasah tersebut dipimpin oleh Bapak M. Husnul Khuluq, S.Ag.

D. MADRASAH TSANAWIYAH ANNUR KARANGJUNTI
Madrasah Tsanawiyah Annur Karangjunti berdiri sejak tahun 1991 yang terletak di Jalan KH. Wahid Hasyim No. 06 Karangjunti Losari yang berada dinaungan Yayasan Pendidikan Islam Annur Karangjunti. 


E. SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN ISLAM ANNUR LOSARI
SMK Islam Annur Losari berdiri sejak tahun 2003 yang terletak di Jalan KM 03 Ketanggungan – Ciledug, yang berada dibawah naungan Yayasan Pendidikan Islam Annur Karangjunti. Madrasah tersebut dipimpin oleh Ibu Dra. Romlah. Sekolah tersebut memiliki 3 Jurusan Program Studi yaitu Akuntansi, Tekhnik Mekanik Otomotif, dan Multimedia.

F. MADRASAH DINIYAH

  1. Madrasah Diniyah As Syafaah yang terletak di terletak di tengah-tengah desa Karangjunti yang dikelola oleh Yayasan As Syafaah. Madrasah tersebut dipimpin oleh Bapak Insan Kamaludin.
  2. Madrasah Diniyah Hidayatul Mubtadiien dibawah naungan Yayasan Pendidikan Islam Annur Karangjunti yang terletak di Dusun Blangko Desa Karangjunti yang dipimpin oleh Bapak H. Fathurroji
Catatan : yang lainnya menyusul atau bisa di tambahkan di form coment dibawah. Trimakasih.

Previous
« Prev Post
Oldest
You are reading the latest post

Related Posts

15.02

0 komentar:

Posting Komentar